Sweater Semarangan Hijau

9 Mei

Green cable sweater

Green cable sweater

Yippie! Akhirnya selesai juga sweater pesanan orang Semarang. Jadi namanya Semarangan, heheh… *asbun.

Saya ngerajut sweater ini 2 bulan, full. Karena sekarang saya sudah ngantor lagi, dan ukuran sweater ini yg gede banget! Kalo dibandingkan dengan sweaster suami (yang ukuran kaosnya xl), itu udah kayak sweater bapak dan anak. Beberapa kali saya menanyakan ukuran untuk memastikan ukuran baju yang diberikan oleh pemesan itu benar. Tapi memang benar, benar-benar besar!

Benang yang saya pakai tuh soft cotton big ply dari Gomerajut KnitnCrochet, warna ijonya bagus, cerah tapi juga ga menyolok mata, seger. Meskipun katun, tapi tetep hangat, mungkin terlalu hangat untuk dipakai di Semarang? Entahlah.. Polanya mah standar, hanya ada cable pattern di tengah dada. Ribbing di ujung badan, tangan dan kerah turtle neck.

Ada beberapa hal yang saya pelajari saat merajut sweater ini. Pertama teknik merajut sweater standar, kan biasanya saya suka pake sistem raglan. Kalo ada yang mau belajar juga, ini video rujukan saya dari Paula Ward. Memang cara menerangkannya ga sepelan Nina, tapi pada tiap bagiannya Paula juga merekam saat dia merajut sweater, jadi bisa sekaligus liat pas dia mempraktekkan ajaran beliau.

Yang kedua, pengetahuan tentang bahan katun. Si pemesan mendapatkan contoh/model dari internet dengan bahan wool dari Peru, sementara benang yang dia pilih untuk sweaternya adalah katun. Hasilnya adalah, sweater katun lebih berat dan terlalu jatuh dibanding wool. Mungkin kalo ukuran sweaternya standar-standar aja perbedaannya ga terlalu keliatan, berhubung ukurannya besar, sifat ini keliatan jelas bedanya.

wcompare - Copy

Alhamdulillah sampai sekarang ga ada keluhan dari yang si empunya (jangan sampai ada, Ya Allah…). Next time, kalo ada pesenan yang beda benang, akan saya pastikan si pemesan mengetahui efek dari perbedaan bahan. Yup, pengalaman adalah pelajaran yang berharga..

7 Tanggapan to “Sweater Semarangan Hijau”

  1. Bunga Shabrina 2 Agustus 2013 pada 8:33 pm #

    Ajarin dong! Itu gimana caranya. Keren banget!!!!:)))))))

  2. sopi 18 November 2013 pada 1:33 pm #

    Bisa bikin model rajut cable ga
    Hub keman yan?

  3. rizqy 16 April 2014 pada 4:13 pm #

    tuh gimana cara bikinnya ya..!!!!! saya penggemar sweater rajut,,, ^_^

    • mimow 30 April 2014 pada 10:40 am #

      Halo Rizqy. Sebenarnya rajutan cable mudah, hanya memang perlu ekstra ketelitian. Bisa kok dipelajari, atau pesan yg sudah jadi aja ke saya heheh

  4. elmanna 3 Desember 2014 pada 5:56 pm #

    mb..tanya lagi yaa.. hee.. kalo yg ini pake benang ukuran berapa n jarum ukuran berapa? trus beda katun big ply ma katun biasa selain dari segi ukuran ada lagi g mb? maaf yaa nanya terus 🙂

    • mimow 3 Desember 2014 pada 6:21 pm #

      Gapapa, mba Elmanna, santai aja sama saya mah, heheh.. Menurut yg jualnya, cotton big ply itu benang medium ukuran 4, menggunakan jarum 4-4,5mm. Untuk sweater yg hijau pake jarum 4,5 mm, yg abu pake jarum 4mm. Yg abu permintaan dr yg pesain ingin lebih rapat. Beda big ply dg katun biasa hanya diameternya sj kok, yg lainnya tetap sama. 🙂

Tinggalkan Balasan

