Belajar Ngerajut Sweater Impian

9 Jul

Sekarang saya lagi kebut bikin baju hangat karna pengennya sih bisa selesai sebelum Lebaran atau setidaknya bisa dikasihkan ke Nenek pada saat mudik nanti. Masalahnya saya ga ngukur langsung badan nenek karena saya di Bandung dan nenek saya di Tasikmalaya. Akhirnya saya putuskan ngukur dari baju hangat yang ada disini karena ukurannya kurang lebih pas dengan badan Nenek.
Sebelumnya saya sudah pernah bikin 2 sweater untuk adik-adik saya, tanpa kancing, lurus. Aman lah. Tapi karena Nenek minta baju hangat dengan kancing depan, maka jadilah ini proyek cardigan pertama saya. Minta saku di depan, kerah. Wah, belum pernah nih! Yang bikin saya rada khawatir itu ukurannya (mudah-mudahan pas), kerah (mudah-mudahan di youtube ada tutorialnya), dan yang paling penting Sang Nenek itu sendiri (mudah-mudahan puas, senang, mau make dan diterima). Mudah-mudahan selamat sampai akhir tujuan.

Untuk menunjang niatan siapapun diluar sana yang ingin nyoba ngerajut baju hangat sendiri, video referensi yang saya pakai untuk merajut sweater bagi pemula adalah ini.

Waktu pertama kali belajar bikin sweater pun, saya ngikutin petunjuk dari Nina’s Sweater Class ini. Video Sweater Class dibagi menjadi 7 kelas, sesuai dengan tahapan-tahapan merajut sweaternya. Langkah-langkahnya dijelaskan dengan sederhana dan pelan-pelan. Sweater yang dirajut dari bawah (badan) terus ke atas (leher), tanpa ada jahitan. Dengan ukuran disesuaikan dengan keinginan kita. Tersedia juga panduan dalam bentuk tulisan (pdf) yang bisa kita ambil dari blog Knit Picks. Ini bisa jadi pegangan/corat-coret/teman saat membuat sweater.

Bagi saya, tutorial ini mejadi dasar yang pas untuk mengembangkan proyek-proyek wearable saya kedepannya. Karena meskipun di video tersebut hanya dijelaskan dasarnya saja, tapi juga membebaskan kita berkreasi dengan ukuran, model dan gaya baju hangat impian masing-masing. Jadi meskipun judulnya “Sweater Class” tapi bisa juga menjadi panduan merajut berbagai baju atasan: cardigan, kaos, bolero, dll. Hingga akhirnya sekarang saya pede, mengambil tantangan, yakin bisa merajut cardigan *meyakinkan diri sendiri.

Kalo yang ingin nyoba silahkan diliat video & blognya, mudah-mudahan sama cocoknya dengan saya.

Iklan

4 Tanggapan to “Belajar Ngerajut Sweater Impian”

  1. tiwi 25 Agustus 2013 pada 11:33 am #

    hi mb salam knal
    q jg download versi Pdf nya tp yg lesson 2 kok g da ya?apa nyambung dgn lesson 1,
    rencana q jg mw bikin sweater, klo pake demet wool ice yarn bagus g hslnya mb?

  2. Nur Indra Murti Yulizar 26 November 2014 pada 2:59 pm #

    mbak, hasil rajutannya dijual nggak? kalau iya, saya mau pesan

    • mimow 26 November 2014 pada 4:26 pm #

      Iya mba Nur, saya terima pesanan. Kita ngobrol via email saja ya, trimakasi.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s